5 Jenis Makanan Yang Kaya Antioksidan

Jenis Makanan Yang Kaya Antioksidan – Mendapatkan lebih banyak antioksidan di dalam darah tentunya meningkatkan kesehatan tubuh. Pasalnya antioksidan memiliki manfaat sebagai penghilang dari radikal bebas atau oksidan. Dimana oksidan itu sendiri mampu merusak sel-sel sehat yang tak bisa dihindari. Misalnya bila anda sedang dalam kondisi lingkungan yang berpoulusi, memungkinkan kadar oksidan pada tubuh semakin tinggi.

Baca Juga: motor honda sh150i

Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan penting bagi kesehatan tubuh. Setidaknya anda mengurangi pola makan dan gaya hidup yang tidak baik. Dengan begitu, tindakan dukungan dari diri anda sendiri dapat berjalan normal. Hal ini karena antioksidan senantiasa melindunginya akibat penyakit yang menyangkut radikal bebas, seperti kanker maupun jantung. Beberapa jenis makanan antiokidan di antaranya.

Jenis Makanan Yang Kaya Antioksidan

1.Sayuran

Jenis sayuran memang kaya akan kandungan antioksidan, seperti sayuran brokoli, kubis, kale, lobak, sawi hijau, dan kol. Ternyata sayuran juga mengandung vitamin, mineral dan serat yang tinggi, dimana penting dalam menurunkan risiko penyakit kanker. Ada juga sayuran berwarna merah, ungu dan orange yang memiliki kandungan antioksidan, misalnya betakaroten, flavonoid, dan licopen. Beberapa di antaranya adalah paprika merah, bit, tomat, terong, wortel, serta ubi jalar. Sementara itu, untuk sayuran hijau terdapat pada bayam yang tinggi sekali akan antioksidan.

  1. Kacang-kacangan

Berikutnya ada jenis makanan berupa kacang-kacangan yang juga mengandung antioksidan tinggi. Anda bisa menjumpai pada kacang merah, kacang pinto kering, serta kacang merah kecil. Selain kaya akan antioksidan, kacang-kacangan tersebut mempunyai kandungan protein dan serat yang banyak. Karena itulah, jenis kacang ini wajib anda masukkan ke dalam menu sehari-hari. Untuk teknik pengolahannya, anda tinggal mencampurkannya ke hidangan utama atau sajian sup.

  1. Biji-bijian

Biji-bijian yang banyak ditemukan pada pasaran ternyata mampu mencukupi kebutuhan antioksidan untuk tubuh. Adapun yang bisa anda konsumsi adalah gandum, quinoa, dan beras merah. Di samping itu, jenis biji-bijian tersebut juga mengandung mineral, serat dan protein yang baik dalam dunia kesehatan. Maka dari itu, sangat disarankan bagi anda untuk memenuhi sarapan di pagi hari dengan roti gandum, pasta atau nasi agar jiwa tetap sehat.

  1. Anggur Merah dan Teh

Siapa sangka anggur merah mengandung banyak sekali antioksidan yang berlimpah. Tak hanya itu, kandungannya tersebut dapat membantu melindungi tubuh dari ancaman penyakit jantung koroner akibat radikal bebas. Selain anggur merah, ada juga teh hijau dan hitam yang akan menyuguhkan anda dari kegunaan antioksidan sama. Anda hanya perlu mengawali dengan secangkir teh, sehingga bisa memberikan kebutuhan antioksidan sepanjang hari.

  1. Buah Berry

Buah Berry yang meliputi buah stroberi, raspberry, cranberry, blueberry, serta kismis merah merupakan kumpulan yang kaya akan antioksidan, mineral, dan vitamin. Untuk buah yang baik dalam pencegahan kanker dan radikal bebas lainnya, seperti buah plum, ceri, apel, aprikot dan kismis. Anda membutuhkan segenggam buah berry dalam setiap harinya, supaya memperoleh manfaat nutrisi yang penting bagi tubuh. Cukup dimasukkan ke salad atau langsung dimakan saja.

Artikel Ini Ditulis oleh: Jasa Penulis